Rabu, 08 Januari 2014

Open Services Gateway Initiative (OSGi)

OSGi merupakan kependekan dari Open Services Gateway initiativedan merupakan sebuah modul system dan sercice platform untuk pemrograman java yang mengimplementasikan komponen model yang komplit dan dinamik.

Spesifikasi OSGi
OSGi sekarang digunakan dalam aplikasi mencakup telepon seluler sampai dengan Eclipse IDE (Open Source). Spesifikasi OSGi dikembangkan oleh para anggota dalam sebuah proses terbuka (open process) dan dibuat tersedia untuk umum tanpa biaya apapun (free of charge) dibawah lisensi spesifikasi OSGi (OSGi Specification Licence). OSGiAlliance memiliki program penyesuaian yang hanya terbuka untuk anggota saja. Pada November 2010, ada tujuh implementasi framework OSGi. Sebuah halaman terpisah mencantumkan baik dari tersertifikasi maupun non-sertifikasi  implementasi spesifikasi OSGi, yang meliputi framework OSGi dan spesifikasi OSGi lainnya.


Arsitektur OSGi
     Setiap framework yang menerapkan standar OSGi, menyediakan suatu lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap kumpulan adalah berhubungan erat, koleksi class yang dapat dimuat secara dinamis, jars, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada). 

     Frameworknya dibagi secara konseptual dalam bidang-bidang berikut:


Bundles
    Bundles adalah komponen jar normal dengan header yang lebih jelas.
Services
    Layanan yang menghubungkan lapisan kumpulan (bundle / bundel) dalam cara yang dinamis dengan menawarkan model cetak-temukan-ikat untuk antar muka sederhana Java lama atau objek sederhana java lama.
Services Registry
    API untuk jasa manajemen (Service Registration, Service Tracker dan Service Reference).
Life-Cycle
    API untuk manajemen siklus hidup untuk (instal, start, stop, update, dan uninstall) bundel.
Modules
    Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah kumpulan (bundle / bundle) dapat mengimpor dan mengekspor kode).
Security
    Layer yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas kumpulan untuk kemampuan yang sebelumnya telah didefinisikan.
Execution Environment
    Mendefinisikan metode dan kelas apa yang tersedia dalam platform tertentu. Tidak ada daftar tetap eksekusi lingkungan, karena dapat berubah seiring Java Community Process menciptakan versi  dan edisi dari Java. Namun, set berikut saat ini didukung oleh sebagian besar OSGi implementasi:

      - CDC-1.0/Foundation-1.0
      - CDC-1.1/Foundation-1.1
      - OSGi/Minimum-1.0
      - OSGi/Minimum-1.1
      - JRE-1.1 JRE-1.1
      - From J2SE-1.2 up to J2SE-1.6



Sumber: http://www.ekowahyudi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar