Minggu, 07 Juli 2013

Pembagian Jam Makan Yang Tepat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berenergi tidaklah cukup hanya dengan banyak makan dengan rasa kenyang di perut. Akan tetapi diperlukan juga pengaturan pola hidup dan pola makan yang sehat agar tubuh mendapat manfaat yang maksimal dari apa yang dikonsumsi setiap hari. Sebenarnya apa sih hubungan antara pola makan dengan kesehatan kita? Dan Apa pengaruh pembagian jam makan yang tepat dengan pola diet sehat yang sedang kita jalani?

Seringkali kita mempersiapkan diri kita untuk sarapan di pagi hari dan menerima karbohidrat sebanyak mungkin di awal menjalani hari. Dengan berbagai macam alasan yang dibuat agar masuk akal dan bisa dijadikan alasan agar kita benar-benar bisa rutin sarapan tiap paginya. Akan tetapi sesuai penelitian yang telah dilakukan beberapa ahli, sebenarnya pola makan yang benar dan baik telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Esa agar bisa kita tetapkan dalam keseharian kita. Dan pola makan ini sesuai dengan jam kerja tubuh kita sebagai manusia.


Adapun pembagian jam makan yang tetap yaitu:


1. Jam 04.00 pagi - jam 12.00 : lambung bekerja untuk membuang kotoran. Maka pada jam-jam ini, yang paling baik adalah dengan makan makanan yang berserat, jus buah, atau dengan makanan yang dapat membantu proses pengeluaran makanan. Jangan membebani diri kita dengan makanan penuh karbohidrat yang akan mempersulit kerja lambung. Dapatkan makanan berserat yang mengenyangkan.

2. Jam 12.00 - 20.00, adalah saat dimana tubuh kita menyerap makanan dengan baik. Maka pada waktu ini, sangat baik kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan makanan-makanan bergizi lainnnya. Bahkan, karbohidrat seimbang dianjurkan untuk dikonsumsi pada jam-jam ini.

3. Jam 20.00 - 04.00, adalah waktu dimana tubuh kita mencerna makanan. Maka pada jam-jam ini, kita jangan memperberat kerja lambung dengan makan makanan yang berkarbohidrat tinggi. Konsumsilah makanan mengenyangkan yang bernutrisi dan rendah gula.

Ingat, perut akan terasa lapar tiap tiga jam. Maka, selalu siapkan makanan yang dapat mengenyangkan namun tidak membahayakan tubuh.
Mulailah konsumsi Nutritional Shake Mix, makanan bernutrisi yang rendah gula dan rendah karbo. Dengan pola hidup sehat, mari kita mulai menjaga kesehatan tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar