Minggu, 17 Maret 2013

LABORATORIUM SI


Hari sudah menunnjukan jam 12 tepat ketika aku sedang bersiap-siap untuk berangkat menuju kampus dalam rangka menghadiri kegiatan praktik. Tak lupa saya menggunakan pakaian yang rapi karna selama aku harus menggunakan kemeja dan celana bahan untuk memasuki ruangan. Peraturan tersebut yang membuat ruangan ini berbeda dari ruangan lain di seluruh kampus Gunadarma. Setelah pakaian sudah terlihat rapi kemudian aku menyiapkan peralatan yang akan aku bawa. Memasukkan semuat alat kedalam tas ransel, agar dapat memuat itu semua. Setelah aku perhatikan ternyata ada tugas yang belum aku masukkan kedalam tas, yaitu laporan pendahuluan dan laporan akhir. Kemudian aku cari di tumpukan buku yang ada di meja belajarku.

Rasa lega kurasakan setelah sekian lama aku mencari akhirnya kutemukan apa yang aku cari. Langsung saja aku masukkan kedalam tasku agar tidak tertinggal. Kupikir sudah lengkap peralatan yang kubutuhkan untuk melengkapiku melaksanakan kegiatan praktikum. Kemudian kukeluarkan motor kesayanganku dan mulai menyalakannya agar mesin menjadi panas dan tidak mendapat kendala saat di perjalanan nanti. Selagi membiarkan mesin motorku panas lantas aku lekas menggunakan kaos kaki beserta sepatu yang biasa kupakai. Beberapa menin kemudian motor sudah siap untuk kugunakan pergi ke kampus dan aku pun berangkat dengan mengenakan helm serta jaket.

Setengah jam kemudian aku tiba di Universitas Gunaadarma tepatnya di kampus E Kelapa Dua, Depok. Aku memarkirkan motor dan langsung menuju gedung 5 tempat dimana ruang praktikum berada. Tiba di depan ruang praktikum, aku menemui teman-temanku yang sudah datang lebih dulu daripada aku. Tak lama setelah berbincang-bincang tiba waktunya untuk memasuki ruangan untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Kami masuk dan duduk di kursi masing-masing dengan tertib, sebelum itu kami mengumpulakan tugas kami ke meja asisten laboratorium untuk diperikasa kebenarannya.

Sesaat kemudian ada seorang asisten yang mementori kami untuk menjelaskan bahwa materi yang akan kami pelajari hari ini adalah MySQL. MySQL merupakan suatu program pengakses database yang bersifat network. Dengan mempunyai sifat tersebut program ini memiliki kelebihan dapat digunakan untuk aplikasi multi user.
Setelah sekian banyak materi yang telah kami dengarkan, asisten tersebut memberikan perintah kepada kami  dan memulai praktikum untuk membuka mozila dan mengetik http://localhost/phpmyadmin. Setelah itu kami disuruh menciptakan database baru dan membuat tabel yang diperintahkan oleh asisten. Disaat kami melakukan kegiatan praktikum tak ada bosannya asisten membimbing kami untuk mengerjakan tugas.

Beberapa jam tak terasa telah kami lalui bersama, tiba saat waktu praktikum kami hari ini selesai. Kami di beri tugas dari dosen untuk mengerjakannya lalu dikumpulkan pada minggu depan. Asisten mentoring telah mnutup kegiatan praktikum hari ini dan mempersilahkan kami keluar dari ruangan tersebut. Kami keluar ruangan dengan tertib seperti saat kami masuk beberapa jam yang lalu. Aku dan teman-teman mulai bubar untuk pulang ke rumah masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar